Pendiri Teh Botol Sosro

                                             

1. Pendiri Group SOSRO
Jika kita melihat kembali ke awal tentang sejarah bermulanya usaha keluarga Sosro di Slawi, maka kita juga harus mengenal siapa pendiri awal bisnis sosro ini.
Beliau adalah Bapak Sosrodjojo alm. (gbr. 1) Dan disebut juga sebagai generasi ke- I dengan lokasi pemasaran masih berkisar di daerah sekitar Slawi dan Tegal - Jawa Tengah dan berdomisili di Kota Slawi.


Kemudian bisnis yang semakin berkembang ini diteruskan oleh beberapa putra dari Bapak Sosrodjojo, yang disebut sebagai generasi ke - 2 yaitu :

a. Bapak Soemarsono Sosrodjojo alm. (gbr. 2)
b. Bapak Soegiharto Sosrodjojo (gbr. 3)
c. Bapak Soetjipto Sosrodjojo (gbr. 4)
d. Bapak Surjanto Sosrodjojo (gbr. 5)

Pada generasi ke - 2 inilah mulai merintis inovasi teh siap minum dengan pendistribusian secara nasional dan berkantor di kawasan Cakung - Bekasi. ( dulu bernama Ujung Menteng ).
Pada era 90-an, bisnis keluarga SOSRO telah memasuki generasi ke - 3 dengan pengembangan usaha minuman ke berbagai variasi cita rasa, target segmen, benefit dan kemasan.
Setelah itu, cakupan distribusi produknya telah merambah ke kawasan internasional dan tetap menempati kantor usaha di wilayah Cakung.


2. Filosofi SOSRO
           Sejak Generasi - I, Keluarga SOSRO memiliki satu filosofi yang mulia dan selalu diterapkan pada setiap aktivitas bisnisnya. Filosofi tersebut adalah
" NIAT BAIK".
NIAT BAIK ini dijabarkan kepada produk-produk yang dihasilkan ( yang pada saat itu Teh Botol Sosro ), yaitu bahwa produk-produk SOSRO tidak membahayakan kesehatan.
Tidak membahayakan kesehatan dapat dijabarkan kembali bahwa produk SOSRO tidak menggunakan bahan pengawet, tidak menggunakan pemanis buatan dan tidak menggunakan zat pewarna.
NIAT BAIK ini juga diterapkan pada proses produksi SOSRO sehingga proses produksi yang dilakukan aman bagi lingkungan.
Dengan demikian setiap produk SOSRO dapat dikonsumsi segala usia sepanjang hari.

PT Sinar Sosro         Menjangkau segala kalangan
Dari sekian banyak produsen minuman kemasan, nama PT Sinar Sosro merupakan salah satu pemain terbesar di Tanah Air. Bisnis yang telah dibangun sejak 1940 ini memang menjadi bisnis pelopor penyedia teh kemasan pertama di Indonesia.
Kini, sudah hampir 67 tahun namanya dikenal sebagai perusahaan produsen air kemasan nomor satu di Tanah Air. Bahkan, kini masyarakat cenderung mengidentikkan semua jenis minuman teh dalam kemasan dengan nama teh botol Sosro.
Menurut Brand Manager PT Sinar Sosro Aria Wahyudi, kelebihan perusahaan adalah mereka merupakan perusahaan lokal yang lahir dan besar di Indonesia. Oleh sebab itu perusahaan mampu menjangkau pasar yang luas dan bisa dekat dengan klien karena citra yang sudah dikenal masyarakat.
Bahkan, meskipun persaingan bisnis minuman dalam kemasan saat ini makin tinggi, nama PT Sinar Sosro bisa terus eksis berkat inovasi yang terus dilakukannya.
Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan menciptakan merek merek terbaru, sehingga kini sudah terdapat sembilan merek yang dimiliki yaitu Teh Botol Sosro, Fruit Tea, Tebs, Green Tea Sosro, Happy Juice, Proso, dan air mineral Prima.
Merek tersebut diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pasar dari berbagai kalangan baik tua, muda, menengah atas, ataupun menengah ke bawah.
Produk yang bisa menjangkau segala kalangan inilah yang akhirnya memberikan kekuatan, sehingga mereka memiliki nilai jual yang cukup tinggi hingga saat ini.


Bisnis keluarga
Merek Sosro yang sudah dikenal di masyarakat, sebenarnya merupakan singkatan dari nama keluarga yaitu Sosrodjojo yang mulai merintis usaha Teh Wangi Melati pada 1940 di sebuah kota kecil di Jawa Tengah bernama Slawi, dengan merek teh Cap Botol.
Pada 1965, Teh Wangi Melati merek Cap Botol yang sudah terkenal didaerah Jawa mulai diperkenalkan di Jakarta.
Setelah bertahun-tahun dilakukan teknik promosi Cicip Rasa, akhirnya pada 1969 muncul gagasan menjual air teh siap minum dalam kemasan botol dengan merek Teh Botol Sosro.
Merek tersebut dipakai untuk mendompleng merek Teh seduh Cap Botol yang sudah lebih dulu populer dan mengambil bagian dari nama belakang keluarga Sosrodjojo.
Untuk kemunculan desain botol pertama adalah pada 1970 dan desain botol tidak berubah, lebih dari 2 tahun.
Untuk desain botol kedua yaitu pada 1972 juga bertahan sampai dengan 2 tahun.
Dan pada 1974, dengan didirikan PT Sinar Sosro di kawasan Ujung Menteng, desain botol Teh Botol Sosro berubah dan bertahan sampai sekarang. Pabrik tersebut, merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan pertama di dunia.
PT Sinar Sosro dibangun oleh tiga generasi, dimulai dari generasi pertama sebagai perintis yakni Sosrodjojo, yang membangun bisnisnya pertama kali dengan lokasi pemasaran berkisar di daerah sekitar Slawi dan Tegal, Jawa Tengah.
Bisnis yang semakin berkembang ini diteruskan oleh beberapa putra dari Bapak Sosrodjojo, sebagai generasi kedua yaitu Soemarsono Sosrodjojo, Soegiharto Sosrodjojo, Soetjipto Sosrodjojo, Surjanto Sosrodjojo, yang mulai merintis inovasi teh siap minum dengan pendistribusian secara nasional.
Pada era 1990-an, bisnis keluarga Sosro telah memasuki generasi ketiga dengan pengembangan usaha minuman ke berbagai variasi cita rasa, target segmen, benefit dan kemasan. Setelah itu, cakupan distribusi produknya telah merambah ke kawasan internasional dan tetap menempati kantor usaha di wilayah Cakung.



Filosofi Sosro
Sejak awal, Sosro memiliki filosofi 'niat baik' yang artinya memberikan produk yang tidak membahayakan kesehatan, dengan proses produksi Sosro sehingga proses produksi yang dilakukan aman bagi lingkungan.
Bahan baku Teh Sosro terbuat dari daun teh hijau kualitas Peko yang dicampur dengan bunga melati (Jasmine Tea), dan campuran gula pasir yang memiliki standar warna, rasa dan ukuran yang dikontrol ketat.
Sosro memiliki perkebunan teh afiliasi yang tersebar di beberapa wilayah di Jawa Barat, yaitu di Garut dengan luas 455 hektare dengan ketinggian 1.000s/d 1.250 meter di atas permukaan laut.
Di Tasikmalaya dengan luas 732 hektare dengan ketinggian 800 s/d 950 meter di atas permukaan laut. Di Cianjur dengan luas 400 hektare dengan ketinggian 1.000 s/d 1.250 meter di atas permukaan laut.
osro memiliki beberapa pabrik yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatra, yaitu pabrik Produk Teh Botol Sosro, berada di Jakarta (Cakung), Pandeglang, Jawa Barat, Ungaran Jawa Tengah, Surabaya,Jawa Timur, dan Medan, Sumatra Utara. Pabrik Peracikan Teh Wangi Melati, berada di Slawi, Jawa Tengah. Pabrik Kemasan Tetra, Kaleng dan Air Mineral berada di Tambun, Bekasi.
Selain distribusi di tanah air, teh Sosro juga sudah didistribusikan ke beberapa negara seperti Australia, Vietnam, Brunei Darussalam, California, dan Singapura.
Produk Sosro telah mendapat sertifikasi ISO 9002
Selain itu, dalam pembangunan pabriknya, Sosro juga selalu melakukan analisis mengenai dampak lingkungan ( amdal) dengan sistem waste water treatment. (mia.chitra@bisnis.co.id)

Mia Chitra Dinisari




Head Office:
Jalan Raya Bekasi Km. 28 Cakung, Jakarta 13960, Indonesia PO BOX. 2906/10029
Phone: (62) (21) 8840855 ( hunting ), Fax: (62) (21) 884331


| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar